Profil Kami - KIM GUNUNGGEDE
News Update
Loading...

Profil Kami

PROFIL KAMI
KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)
KELURAHAN GUNUNGGEDE
"Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari oleh dan untuk masyarakat sebagai mitra kerja pemerintah yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya"

A. VISI DAN MISI

VISI:
“Tercapainya masyarakat yang cerdas bersosial media, berdaya guna dan berdaya saing dengan berlandaskan iman dan taqwa”

MISI: 
  • Mendorong terciptanya masyarakat yang cerdas bersosial media
  • Mendorong produktifitas dan kemandirin bidang usaha masyarakat melalui media informasi yang cerdas dan inovatif
  • Menjadi sarana dan wahana komunikasi dan jembatan informasi bagi pemerintah, dunia usaha, akademisi dan masyarakat, dalam rangka pengembangan potensi peningkatan ekonomi masyarakat Kelurahan Gununggede.
B. SUSUNAN KEPENGURUSAN

PEMBINA
  • Camat Kawalu
  • Lurah Gununggede
PENASEHAT
  • LPM Gununggede
KETUA
  • C.A.Mubarok
SEKRETARIS
  • Lina N
BENDAHARA
  • Cecep Cepriskoma
BIDANG KOMUNIKASI
  • Dindin Ismail
BIDANG PENGOLAHAN INFORMASI
  • Anis Kuswana
BIDANG PENGUMPULAN INFORMASI
  • Apip Masluh


B. TUGAS DAN FUNGSI

  1. Membuat kesekretariatan dan berkoordinasi dengan lembaga yang sudah ada, serta memverifikasi anggota aktif dan pasif. Tujuannya agar mudah berkoordinasi dan membuat rekomendasi kepada pengambil keputusan
  2. Membuat daftar kebutuhan kesekretariatantugas dan fungsi KIM yang ada di  kelurahan. Tujuannya agar KIM tidak berbenturan dengan tugas lembaga yang lain.
  3. Membuat peta potensi wilayah kelurahan masing masing. Tujuannya agar KIM kelurahan tahu persis potensi wilayah kerja masing masing, misalnya : potensi ekonomi potensi sosial budaya, potensi pemerintahan potensi parawisata dan potensi lain yang ada di kelurahan.
  4. Membuat website atau aplikasi serta mempublikasikan kegiatan kegiatan yang ada di kelurahan via medsos yang kita bisa dan menyebarkan melalui website atau akun medsos KIM kelurahan. Tujuannya agar KIM turut membantu dan memasarkan potensi wilayah kepada dunia luar melalui media.
  5. Memahami dan mengerti tentang konsep ADINDA. Tujuannya agar KIM dapat menjawab dan bisa membantu masyarakat secara umum.
  6. Membantu pemerintahan kelurahan dalam mengelola aplikasi Prodeskel yang telah di buat. Tujuannya agar setiap kelurahan memiliki rekomendasi atau indikator untuk setiap pembangunan yang telah dicapai dan yang akan dilaksanakan.
  7. Berkoordinasi atau mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Forum Kota sebagai bahan evaluasi dan studi banding bagi kelurahan yang lain. Tujunnya agar KIM kelurahan membawa setiap masalah yang ditemukan di lapangan dan bisa dibahas di tingkat Forum KIM Kota sebulan sekali di minggu pertama hari sabtu siang sebagai bahan evaluasi dan laporan sejauh mana capaian program masing- masing.
  8. Melaporkan kegiatan-kegiatan atau masalah-masalah yang ditemukan di lapangan sebagai bahan masukan kepada pemerintah atau sebaliknya. KIM wajib memberikan informasi dan komunikasi kepada masyarakat tentang setiap program yang dijalankan pemerintah pusat provinsi atau kota secara utuh dan benar. Tujuannya agar KIM kelurahan menjadi corong masyarakat dan sekaligus corong pemerintah dalam menyampaikan program-program yang dilaksanakan baik itu program pusat atau program daerah.
  9. Berkoordinasi dengan lurah atau pemerintah bila ada program atau berita yang akan menjadi persoalan-persoalan yang baru. Tujuannya agar setiap berita yang diposting atau dishare tidak merugikan pihak-pihak tertentu.
  10. Menangkal isu – isu hoaxs atau berita - berita bohong kepada masyarakat dengan memverifikasi terlebih dahulu berita-berita yang pasti melalui situs situs resmi atau dinas-dinas terkait yang ahli di bidangnya. Tujuannya agar KIM bisa menjadi sumber informasi yang baik kepada masyarakat, minimal KIM tidak ikut membagikan berita-berita yang belum teruji kebenarannya.
  11. Menggalang dana masyarakat melalui potensi wilayah yang ada, melalui pemasaran media online, atau ikut memasarkan produk - produk unggulan yang ada di wilayah masing - masing.
  12. Membuat jaringan atau networking agar potensi wilayah dapat ikut dipasarkan ke dunia luar dengan cara medsos yang baik. Tujuannya agar KIM mampu membuat jaringan lebih banyak untuk memasarkan atau manarik insvestor untuk dapat datang ke wilayah kerja kim itu sendiri.
Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done